LSP Universitas muhammadiyah Sidoarjo

Dirintis sejak tahun 2018 pada bulan Februari , merupakan suatu  Lembaga sertifikasi profesi, yakni lembaga pendukung BNSP yang bertanggung jawab melaksanakan sertifikasi kompetensi profesi yang teregistrasi oleh BNSP.  LSP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo mempunyai tugas antara lain :

  1. Mengembangkan standar kompetensi.
  2. Melaksanakan uji kompetensi
  3. Menerbitkan sertifikat kompetensi
  4. Melakukan akreditasi Tempat Uji Kompetensi.

Lahirnya LSP Umsida didasarkan pada keinginan untuk meninggkatkan kualitas lulusan. Sehingga diharapkan semua lulusan dari Umsida memiliki kualifikasi yang baik dan siap untuk terjun di dunia kerja, serta siap mendukung dunia kerja secara langsung

Untuk melaksanakan tugas  dan fungsi  LSP Umsida  mengacu pada pedoman yang dikeluarkan oleh BNSP, yaitu Pedoman 201 dan 202. Dalam pedoman tersebut ditetapkan persyaratan yang  dipatuhi untuk menjamin agar lembaga sertifikasi menjalankan sistem sertifikasi pihak pertama secara konsisten dan profesional, sehingga dapat diterima di tingkat nasional yang relevan demi kepentingan pengembangan sumber daya manusia dalam aspek peningkatan kualitas dan perlindungan tenaga kerja.

 Operaional LSP Universitas Muhammadiyah Sidoarjo selalu mengacu pada:

  1. Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI)
  2. Standar Khusus dari beberapa Asosiasi Profesi terkait dan Standar Internasional dalam melaksanakan uji kompetensi di bidang: Hukum, Ekonomi, Perbankan Syariah, Psikologi, Keguruan,Teknologi labratorium Medik, Kebidanan, Ilmu komunikasi, Teknik Informatika, dan Teknik Elektro, Teknik Mesin,Pertanian dengan kualifikasi seperti tercantum dalam ruang lingkup  LSP.

LSP Universitas Muhammadiyah SidoarjoSurabaya yang saat ini beralamat di Jl. Mojopahit  No. 666B Sidoarjo  dan komunikasi/laman yang dapat dihubungi adalah sebagai berikut:

Telephone            : 031-8945444

Fax                        : 031-8949333

Website                : www.lsp.umsida.ac.id